Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Monday, August 5, 2013

Manfaat Mendaki Gunung Di Malam Hari

Mendaki gunung bisa dilakukan di semua waktu dan kapan saja. Bisa pagi, siang atau malam hari. Bagi kebanyakan para pendaki gunung, melakukan pendakian di malam hari adalah hal yang biasa. Walaupun tidak akan bisa melihat pemandangan alam sekitar selayaknya hari terang atau siang. Tetapi bukan berarti tidak ada manfaatnya. Apa saja manfaatnya?


www.belantaraindonesia.org

1. Cobalah lihat ke atas langit, akan terlihat bentang lukisan alam yang megah sekali dengan Bulan dan bintang - bintangnya yang menjadi aktor utama kemegahan tersebut, apalagi kalau bertepatan malam itu terang Bulan atau Bulan bersinar sempurna.

Memang jika seorang pendaki memilih mendaki malam hari dia akan kehilangan waktu tidurnya, tetapi coba pikirkan, lebih enak memulai dalam gelap atau akhir yang gelap, dalam arti akan jauh lebih baik ketika sampai puncak pukul 05.00 - 06.00 dini hari daripada sore hari yang sebentar akan gelap.

2. Manfaat lain untuk mendaki gunung di malam hari adalah bisa sedikit mengusir cuaca yang dingin di waktu malam karena kita terus bergerak, juga kita bisa menghemat air karena cuaca dingin berarti kita juga tidak terlalu banyak berkeringat

3. Tentunya tujuan utama untuk melakukan pendakian malam hari adalah melihat pesona Matahari terbit atau Sunrise di puncak gunung. kita akan berada dalam dekapan kabut pagi dan semilir sayap - sayap angin menyaksikan Sang Surya mengawali langkahnya, menaiki pintu - pintu langit dan menyibak sela rumah awan.

4. Saat dimana kita akan turun, kita akan lebih bersemangat setelah puas bisa melihat Matahari terbit di puncak dan juga kita akan bisa melihat lagi pemandangan indah yang tidak terlihat saat naik semalaman. Perjalanan turun yang panjang tak akan terasa capai atau lelah dan mungkin tak berasa tiba - tiba kita sudah sampai di Basecamp semula.

No comments:

Post a Comment