Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Friday, June 28, 2013

Alat - Alat Ngetrip Ala Petualang Indonesia

Salam Petualang, Tahun baru 2013 tentu para tripper punya resolusi traveling baru kan? Untuk mendukung rencana traveling kalian khususnya yang senang berpetualanag ke tempat terpencil, tentu dibutuhkan peralatan pendukung untuk menemani perjalanan traveling yang cukup extreme dan melelahkan. Supaya traveling aman dan nyaman berikut kita kenalan dengan alat-alat yang bisa membantu triper selama berpetualang.

Ransel / Carrier merupakan tas serbaguna dengan berbagai ukuran, terbuat dari bahan yang water proof, sehingga kalau hujan tidak bertambah berat, cukup melindungi isi ransel walaupun tetap harus diberikan perlindungan ekstra dengan cara menggunakan kantung-kantung plastik untuk melindungi perlengkapan peka, seperti pakaian tidur, alat tulis, makanan kering, dll.


Nesting adalah wadah untuk memasak makanan di alam terbuka (hiking, camping, dll), bentuknya seperti rantang, bisa ditumpuk tiga tingkat, sehingga bisa memasak tiga jenis makanan sekaligus. Bisa  untuk menanak nasi, merebus air ataupun mie instant. Bentuk portable, sehingga tidak terlalu memenuhi ruangan ketika di packing.







Sleeping Bag adalah sebuah kantong yang terbuat dari bahan-bahan sepertii Polycotton, pertex atau silk(sutra). Bahan-bahan ini layak dipakai, bisa dilipat kecil dan memberi kenyaman lebih. Fungsi sleeping bag sebagai pengganti springbed tripper saat sedang berpergian. Belilah sleeping bag yang waterproof untuk mendukung kenyaman tidur saat kalian pergi tanpa menggunakan tenda.


Pisau Serbaguna, umumnya berbentuk pisau lipat, berisi berbagai macam kebutuhan, seperti pisau kecil, gunting, tusuk gigi, pembuka botol, dll. Yang banyak dipakai biasanya adalah pisau buatan Victorinox, Swiss. Pisau merupakan teman petualang sejati karena memiliki fungsi yang banyak seperti menyayat, memotong ranting, melindungi diri, membuka bekal dll.


Peralatan navigasi merupakan peralatan penting yang harus selalu kita bawa, diantaranya adalah : kompas, peta, penggaris segi tiga, busur derajat, pensil, dll. Supaya para tripper gak tersesat dalam pengembaraan alat = alat ini wajib dibawa kalo mau berpetualang di temata yang triper belum pernah jelajahi.


Senter
 apabila kita kemalaman dalam perjalanan, maka senter sangat diperlukan sebagai alat penerangan, tetapi disarankan tidak melakukan perjalanan di malam hari, karena sangat berbahaya. Jangan lupa untuk membawa lampu dan batere cadangan.


Peluit Diperlukan sebagai tanda apabila kita tersesat atau kehilangan arah.


Itulah beberapa peralatan tambahan selain peralatan pribadi yang tripper bawa seperti tenda, obat-obatan, sikat gigi, jaket dll untuk menemani petualang tripper menyusuri wilayah yang masih perawan. Tentunya alat – alat yang akan dibawa menyesuaikan destinasi tripper. Alat-alat tersebut merupakan alat sederhana yang biasa digunakan untuk wisata pantai dan wisata gunung.

No comments:

Post a Comment