Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Friday, July 19, 2013

Memperkirakan Waktu Perjalanan Pendakian

Memperkirakan Waktu Perjalanan Pendakian yang akurat adalah sangat sulit, karena disebabkan oleh banyak faktor, antara lain kondisi fisik Anda, kondisi jalur yang akan dilalui, penambahan atau pengurangan ketinggian, jumlah beban yang dibawa, lama berhenti untuk istirahat, berapa banyak Anda ingin berhenti dan menikmati pemandangan alam, dan lain sebagainya. Buku petunjuk akan sangat membantu disini, ada beberapa yang memberikan perkiraan waktu pendakian yang dibutuhkan.

www.belantaraindonesia.org

Ini ada formula umum untuk memperkirakan waktu untuk perjalanan Anda. Pergunakan ini hanya sebagai perkiraan :

Dalam pendakian satu hari dengan sedikit peralatan atau Anda mendaki dengan alat - alat yang ringan, Anda akan bergerak dengan cepat dibandingkan dengan membawa beban berat; berjalan di jalur tanah akan lebih cepat dibandingkan berjalan di gurun pasir atau salju lembut.

Dalam sebuah kelompok, peserta dengan perbedaan kemampuan fisik atau perbedaan usia bisa berjalan lebih cepat atau lebih lambat, mempengaruhi kecepatan keseluruhan kelompok. Ini membuat kita kembali ke diskusi awal tentang tingkat kondisi fisik.

Jika Anda mempunyai tingkat kondisi fisik yang jauh perbedaannya, ini akan menyulitkan untuk menemukan tingkat kecepatan yang pas atau nyaman untuk setiap anggota kelompok. Bicarakan hal ini sebelum memulai perjalanan pendakian dan carilah keputusan yang bisa diterima oleh semua anggota kelompok.

Berdasarkan pengalaman, semakin besar kelompok, akan semakin lambat bergerak ( akan ada banyak berhenti untuk penyesuaian tas, istirahat untuk buang hajat, dan lain sebagainya ).

PETUNJUK - PETUNJUK UMUM WAKTU PERJALANAN 
• Rata - rata tingkat kecepatan seseorang di jalur yang umumnya rata adalah 30 menit untuk 1,6 kilometer. Jadi 1 jam sama dengan 3,2 kilometer. Jika anda tahu tingkat kecepatan anda lebih cepat atau lebih lambat dari ini, formulanya bisa disesuaikan.

• Tambahkan 1 jam untuk 305 meter kenaikan ketinggian.

• Rencanakan 5 menit waktu istirahat dalam setiap jam pendakian. Semakin banyak orang, akan semakin banyak waktu istirahat berhenti, berhenti untuk buang hajat, dan penyesuaian peralatan, jadi sesuaikan dengan itu semua.

No comments:

Post a Comment