Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Monday, August 5, 2013

Planet Mars Dari Dekat

Planet Mars yang mempunyai jarak 228 juta kilometer dari Matahari terus dijadikan misi ekpedisi sejak tahun 1965. Banyak wahana antariksa dari berbagai negara seperti Amerika, Jepang dll yang dikirimkan untuk meneliti permukaan, iklim dan geologi Planet Mars. Mungkin juga di proyeksikan menjadi tempat tinggal manusia di masa depan.

Sejauh ini lingkungan disekitar Mars lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan keadaan Planet Venus. Namun begitu, keadaannya tidak cukup ideal untuk bisa ditempati oleh manusia. Suhu udara disana cukup rendah dan tekanan udara yang rendah, suhu pada musim dingin mencapai -87 derajat celcius, pada musim panas hanya berkisar -5 derajat celcius.

Ditambah dengan komposisi udara yang sebagian besar adalah karbondioksida, tentu bisa menyebabkan manusia harus menggunakan alat bantu pernapasan jika ingin tinggal disana. Dalam misi Mars Exploration Rover, robot penjelajah milik lembaga antariksa NASA bernama Opportunity, berhasil menangkap gambar panorama alam Mars melalui Pancam ( Panoramic Camera ).

Robot beroda enam ini telah beroperasi sejak tahun 2004 dan telah membantu para peneliti mengenai keadaan struktur tanah, batuan dan menemukan jejak aliran sungai. Berikut adalah beberapa foto Planet Mars dari dekat yang berhasil diabadikan  Mashable..


www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org
www.belantaraindonesia.org

No comments:

Post a Comment