Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Tuesday, March 25, 2014

Indonesia Adalah Surga Bagi Para Pendaki

Indonesia adalah surga bagi para pendaki adalah memang seperti tersebut kenyataannya. Karena ratusan gunung berdiri menjulang di daratan bahkan di lautan. Gunung merupakan salah satu penjaga bumi dan penjaga ekosistem lingkungan karena kemampuannya menyuguhkan bermacam vegetasi dan dengan sendirinya menghadirkan habitat berbagai macam binatang didalamnya. Di tengah megahnya gunung di Indonesia inilah kearifan lokal bersanding dan bercumbu dengan alam.



Banyak para pendaki yang sekedar memimpikan mendaki gunung - gunung di luar Indonesia, ingin menggapai puncak di luar sana. Satu kebanggaan bila kaki berhasil menapak di lereng bahkan puncak suatu gunung bersalju dan tinggi. Satu impian tinggi yang tidak ada kata salah, tetapi semua perlu penyesuaian agar mimpi tersebut menjadi nyata saat kita bangun dari tidur.

Sadarkah bila Indonesia adalah surga bagi para pendaki? Gunung - gunung di Indonesia bahkan lebih menang dan menguasai dari sisi keindahan alamnya. Bukankah keindahan alamlah yang menjadi salah satu point kita bersedia lelah raga mendaki gunung? Cobalah anda bayangkan apabila gunung yang kita daki adalah gunung gundul tanpa pepohonan dan semak yang menghiasi.

Banggalah dengan gunung Indonesia wahai para pendaki, baik bagi pendaki pemula maupun pendaki senior. Kemegahan laksana surga inilah yang tidak akan ada duanya di dunia, hanya ada di Indonesia. Indonesia adalah surga bagi para pendaki. Buang jauh - jauh impian yang sulit terwujud dari benak tentang gapaian gunung di luar sana. Nantinya, akan muncul penafsiran sepele, bahwa gunung di Indonesia tidak ada apa - apanya dibanding gunung - gunung di luar Indonesia.


Itu apabila anda menomorsatukan alam dan menjadi pendaki konservatif. Hanya itu saja, tidak ada sebenarnya pendaki yang ingin di pandang "wah" dengan mendaki tingginya gunung. Apabila ditengah alam, hilang sudah kapasitas sebagai pendaki senior dan yunior, semua bergulat dengan alam yang terkadang sulit di tebak keadaannya. Pengalamanlah yang menjadi bekal kesempurnaan pendakian. Pandailah menjadi seorang petualang.

Kagumilah alam Indonesia, banggai dan selebihnya cintai. Alam dan gunung di Indonesia tiada bandingnya. Indonesia adalah surga bagi para pendaki. Sejauh mata memandang kala di puncak gunung, keelokan tiada berbanding dari alam milik Tuhan, kala menyusuri di tengah rimba, aneka pohon dan satwa menghiasi perjalanan. Kagumilah dan cintailah.

No comments:

Post a Comment