Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Thursday, July 18, 2013

Dahsyatnya Kaldera Gunung Batur di Akui Unesco

Kaldera Gunung Batur di Kabupaten Bangli, Bali pada September 2012 yang lalu resmi masuk dalam Global Geopark Network ( GGN ) UNESCO. Wisatawan bisa mendaki gunung ini untuk melihat kaldera besar nan spektakuler. Rasanya mustahil jika Anda wisata ke Kabupaten Bangli, Bali, tanpa melihat kaldera Gunung Batur yang sangat besar.

www.belantaraindonesia.org

Kaldera itu memang terlihat dari berbagai sudut. Tampak bagai kawah besar menganga di atas Gunung Batur. Tak jarang wisatawan yang mendaki Gunung Batur pada dini hari untuk melihat sunrise menawan.

Panorama Matahari terbit di Gunung Batur adalah salah satu yang terbaik di dunia berdasarkan situs Lonely Planet. Terlebih lagi, kalderanya masuk dalam Global Geopark Network ( GGN ) yang dicanangkan UNESCO

Penetapan tersebut dilakukan pada acara Konferensi Geopark Eropa yang ke -11 diGeopark Auroca, Portugal. Selain Gunung Batur, ada 3 geopark lain yang masuk dalam GGN yaitu Balkony-Balaton Global Geopark di Hungaria, Central Catalonia Global Geopark di Sanyol, dan Sanqingshan Global Geopark di China. 4 Geopark ini menang di antara 11 geopark lain yang diajukan oleh 11 negara.

Kaldera Gunung Batur adalah satu dari 6 calon geopark yang diusulkan Indonesia keUNESCO di samping Danau Toba, Merangin, Gunung Rinjani, Raja Ampat, dan kawasan karst Sewu. Satu keistimewaan kaldera Gunung Batur adalah adanya endapan surge berumur 5.000 tahun. Endapan ini jauh lebih kompleks dibanding endapan yang ada di Gunung Krakatau.

www.belantaraindonesia.org

Dari kejauhan wisatawan sudah bisa melihat kaldera Gunung Batur. Ini adalah kawah vulkanik besar yang terbentuk sekitar 22 ribu tahun silam. Gunung Batur merupakan bagian dari Cincin Api ( Ring of Fire ) Pasifik yang kaya dengan elemen bentukan tanah vulkanik. Kalderanya berbentuk danau vulkanik yang dalam.

Dengan masuknya kaldera Gunung Batur dalam Global Geopark Network UNESCO, namanya sekarang menjadi Batur Global Geopark. Meski lanskapnya kering, wisatawan bisa mendaki gunung ini untuk melihat kaldera atau sekadar menunggu sunrise.

No comments:

Post a Comment