Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Thursday, July 18, 2013

Plakat Bagi yang Meninggal di gunung Semeru

Sebuah petualangan dan perjalanan memacu adrenalin nampaknya telah menjadi sebuah keinginan terpendam bagi setiap manusia. Bagi sebagian manusia, ada kepuasan tersendiri saat berhasil dalam petualangannya dan sekedar berbagi waktu dengan alam.

www.belantaraindonesia.org

Walaupun nampaknya menyenangkan, ada risiko yang selalu membayangi jiwa - jiwa petualang. Risiko terburuk dari sebuah petualangan di alam terbuka adalah kematian. Sudah banyak petualang - petualang atau pecinta alam yang akhirnya benar - benar menyatu dengan alam.

Salah satunya adalah Soe Hok Gie, seorang aktivis yang kehilangan nyawanya setelah menghirup gas beracun yang keluar dari kawah Jonggring Saloko ( Mahameru, puncak Gunung Semeru, Jawa Timur ).

Sosok Gie seolah melekat dengan gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut. Berita kematiannya pada 16 Desember 1969, terdengar hingga ke pelosok nusantara, bahkan hingga ke luar negeri. Kisah akhir hidupnya saat mendaki Gunung Semeru masih jadi pembicaraan hangat hingga saat ini.

Untuk mengenang Gie dan sahabatnya Idhan Lubis yang meninggal di puncak Mahameru, dipasanglah sebuah plakat dari lempengan baja di puncak Mahameru yang berada di ketinggian 3.676 Mdpl. Plakat ini dipasang pertama kali pada 1970 oleh sahabat Gie yakniHerman Lantang. Setelah itu, plakat in memoriam Soe Hok Gie dan Idhan Lubis diganti pada 1989 dan 2002 oleh Indonesian Green Ranger.

Di plakat lempengan baja tersebut tertulis IN MEMORIAM SOE HOK GIE & IDHAN LUBIS, lengkap dengan sebuah puisi. Berikut puisi yang tertulis dalam plakat tersebut:

Yang mencintai udara jernih
Yang mencintai terbang burung - burung
Yang mencintai keleluasaan dan kebebasan
Yang mencintai bumi

Mereka mendaki ke puncak gunung - gunung
Mereka tengadah dan berkata,
ke sanalah Soe Hok Gie dan Idhan Lubis pergi
Kembali ke pangkuan bintang - bintang

Sementara bunga - bunga negeri ini tersebar sekali lagi
Sementara sapu tangan menahan tangis
Sementara Desember menabur gerimis


Plakat tersebut seolah menjadi magnet yang mengundang para pendaki dan pecinta alam dari berbagai daerah, bersemangat untuk menapakkan kaki di puncak Mahameru. Raut kekecewaan tidak bisa disembunyiakan dari wajah beberapa pendaki manakala tidak menemukan lagi plakat tersebut. Rupanya, plakat tersebut sudah diturunkan dari puncakMahameru.  

"Itu atas permintaan keluarga ( Gie dan Idhan Lubis )," ujar Mamat, salah seorang petugas balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS )

Plakat tersebut diturunkan pada 16 Desember 2012. Untuk penjemputan dan penurunan plakat, dibutuhkan waktu sekitar 3 hari. Mamat menuturkan, bukan perkara mudah menurunkan plakat Gie dari puncak Mahameru. 

Setelah diturunkan dari ketinggian 3.676 Mdpl, plakat tersebut dikabarkan disimpan oleh peggiat alam bebas Indonesia Green Ranger yang didirikan oleh Idhat Lubis yang tak lain adalah kakak almarhum Idhan Lubis.

Tidak hanya plakat in memoriam Gie yang ada di kawasan Gunung Semeru. Di sepanjang jalur pendakian mulai dari Ranu Kumbolo hingga Arcopodo, sangat mudah menemukan plakat yang dipasang untuk mengenang para pendaki yang menyatu dengan Mahameru. Tulisan yang tertera di plakat in memoriam para pendaki pun cukup indah dan penuh makna.

"Jejakmu tertinggal di sini, senyummu kubawa pergi," tertulis untuk mengenang Andika Listyono Putra, mahasiswa Fisipol UGM yang meninggal pada Agustus 2009 di gunung tertinggi di pulau Jawa tersebut. Ada pula ungkapan "Semoga kau seabadi Mahameru" yang ditulis untuk mengenang Endi Wawan Triyono yang meninggal pada Agustus 1996. Dan masih banyak lagi.

Pihak balai besar TNBTS mengaku sering kecolongan dengan terpasangnya plakat in memoriam tersebut. "Ada beberapa yang izin ke kita. Kalau izin pasti kita antar untuk menentukan lokasi pemasangan. Tapi kebanyakan kami kecolongan dan tiba - tiba sudah terpasang," kata Mamat.

Semua plakat in memoriam rencananya bakal diturunkan untuk membersihkan kawasan Gunung Semeru. Dia mengaku, beberapa pendaki sempat menilai bahwa plakat - plakat tersebut memberi kesan sedikit menyeramkan.

"Sekarang masih ada 12 - 13 plakat in memoriam yang ada di kawasan Semeru, kita sudah beri pengumuman untuk diturunkan. Kalau tidak juga diturunkan, maka kami yang akan menurunkan," jelasnya.

Setelah diturunkan, plakat in memoriam para pendaki yang meninggal di Semeru bakal diabadikan oleh pihak balai TNBTS. Rencananya, plakat - plakat tersebut akan dipajang di tempat pendaftaran pendakian Gunung Semeru yang terletak di Desa Ranu Pani.

Dalam pandangannya, pemindahan plakat - plakat in memoriam tersebut tidak akan mengurangi esensi dan penghormatan terhadap pendaki yang meninggal di Gunung Semeru. "Justru akan lebih rapi, terawat dan dilihat banyak pendaki yang mengajukan izin pendakian di pos pendaftaran,"

No comments:

Post a Comment