Catatan Si Bolang

Ilmu pengetahuan itu mahal, tp jika berbagi dengan gratis, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan, bukan ?

Friday, September 6, 2013

BPBD Minta Pendaki Cek Kesehatan Sebelum Naik Ke Ijen

BANYUWANGI - Meninggalnya seorang pendaki di Gunung Ijen, bernama Gatot Handoko (40) asal Singaraja, Bali menjadi perhatian khusus Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Banyuwangi.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyuwangi Wiyono menghimbau bagi seluruh pendaki Gunung Ijen untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kesiapan dalam melakukan pendakian. Kesehatan diantaranya melakukan cek kesehatan di puskemas terdekat, sebelum melakukan pendakian. Sedangkan untuk kesiapan diantaranya mempersiapkan bekal makanan yang cukup dan peralatan pendakian yang sesuai standart.
"Ini pelajaran bagi kita semua, sebaiknya seluruh pendaki memperhatikan kesehatan dan kesiapan ketika akan melakukan pendakian ke Gunung Ijen," kata Wiyono saat dikonfirmasi sunriseofjava.com melalu seluler, Minggu (25/08/203).
Wiyono menambahkan, pendaki yang meninggal dunia sebenarnya masih berada di wilayah aman Gunung Ijen yaitu masih berada pada 1,5 kilometer sebelum bibir kawah. Hanya saja pendaki kurang memperhatikan kesehatan dan kelengkapan pendakian, apalagi setelah melakukan perjalanan jauh dari Singaraja, Bali ke Banyuwangi, Jawa Timur dengan menggunakan sepeda motor.
"Itu masih dalam jarak aman, tapi saya menilai pendaki sedang kelelahan setelah melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor," tegas Wiyono.
Minggu (25/08/2013) dini hari seorang wisatawan Gunung Ijen dikabarkan tewas sebelum selesai melakukan pendakian ke kawah Ijen. Wisatawan bernama Gatot Handoko (40) asal Singaraja, Bali tersebut diduga mengalami kelelahan dan serangan jantung.
Pegawai Kantor Pos Singaraja ini mengeluh dadanya sakit dan akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan pendakian. Saat perjalanan pulang itulah korban terjatuh dan tak sadarkan diri. Korban akhirnya meninggal dunia sekitar pukul 05.00 Wib setelah sempat dilarikan ke RSUD Blambangan Banyuwangi.
Sekitar pukul 16.00 Wib mayat korban sudah tiba di rumah duka, Singaraja, Bali, setelah sebelumnya disemayamkan di RSUD Blambangan. (Anton Saverius)

No comments:

Post a Comment